headhead> Mahasiswi Asal Garut dengan Segudang Prestasi -->

Mahasiswi Asal Garut dengan Segudang Prestasi

author

suara peradilan news

Share Post




Garut-Suarapendidikanjawabarat.Com- Salah Satu Mahasiswi Berprestasi Asal Kabupaten Garut, Nyantri,Mandiri Dan Berprestasi Kalimat Itu Yang Pantas Disematkan Pada Reni Marlina Yang Pada Saat Ini Masih Tercatat Sebagai Mahasiswi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok Semester Akhir , Bungsu Dari 4 Bersaudara Dari Pasangan Bapak Ade Saepuloh & Ibu Kokom Komariyah Yang Beralamat Kp. Sampora, Situsari, Cisurupan, Garut  Walaupun Dibesarkan Dari Keluarga Yang Bersahaja Namun Reni Marlina Seseorang Yang Pantang Menyerah Dan Antusias Sekali Terhadap Dunia Pendidikan , Melanjutkan Sekolah Dengan Program Beasiswanya Serta Dengan Segudang Prestasi.

Disela Kesibukannya Menjalakan Aktivitas Dan Perkuliahan Mahasiswi Yang Hobi Membaca Dan Menulis Ini , berhasil diwawancarai Wartawan Suara Pendidikan Jawabarat Melalui Sambungan Telephone.

Pewawancara :
Assalamualaikum Mohon Maaf Ganggu Waktunya

Pewawancara :

Assalamualaikum Mohom Maaf Ganggu Waktunya , Bisa Ceritakan Profile Dan Riwayat Pendidikan  Anda ?

Narasumber :
Waalaikum Salam

SDN SITUSARI II GARUT (Lulusan 2009)
SMPN 1 BAYONGBONG GARUT (Lulusan 2012)
MAS ALQUDSIYYAH GARUT (Lulusan 2015)
STEI SEBI DEPOK (2015-Sekarang)
Pewawancara :
Aktivitas Anda Selain Kuliah ?

Narasumber :

Selain Kuliah Juga Sebagai , Terus Menulis , Pemerhati  Ekonomi Syariah, Pengisi Opini Di Media  Cetak Atau Online, Aktivis Sosial Dll

Pewawancara :
Organisasi  Apa Saja Yang Pernah Anda Ikuti?

Narasumber :

Sekertaris Umum OSIS MA ALQUDSIYYAH Tahun 2014-2015
Sekertaris Umum Forbest (Forum Barudak Ekonomi Syariah Garut) 2016-Sekarang
Staff Divisi Pengembangan Akademik Beasiswa SDM EKSPAD 2015
Volunteer Sahabat Kesma MPS 2015 B
Relawan Rumah Zakat KRN Depok 2015-Sekarang
Staff Divisi Ekspansi Keilmuan KSEI Isef Sebi 2015-Sekarang
Staff KSEI ASGAR (Kelompok Studi Ekonomi Islam Asli Garut) 2016-Sekarang
Relawan Anak Baik Indonesia (GEMABI) Korbi Depok 2015-Sekarang
Kepala Departement Ekspansi Keilmuan KSEI Isef 2017-2018

Pewawancara :
Prestasi Apasaja Yang Pernah Anda Raih Selama Ini ?

Narasumber :

Juara II Writing Contest Se-Jawabarat “Quantum Writing 2017”
Juara III Cerpen Tingkat Nasional “Gradasi Publisher”
Juara III Cerpen Tingkat Nasional “Istiqomah Centre”
Juara Harapan Lomba Artikel Pariwisata Kota Depok Di HPN 2018
Karya Essay Terbaik Gebyar IMM 2017 At STIE Ahmad Dahlan Jakarta
Juara Harapan Lomba Essay Shari Economics Day 2018 Universitas Muhamadiyyah Jakarta
Pewawancara :
Pernahkah Selama Ini Anda Didaulat Sebagai Narasumber Atas  Kegiatan Tertentu ?

Narasumber :

Narasumber Di Training Motivasi MA AL-QUDSIYYAH 2016
Narasumber Kepenulisan Di Pembekalan Beasiswa 100% STEI SEBI 2016 
Narasumber Kajian Konsep Dasar Ekonomi Islam SMK Yapia Parung 2016
Narasumber Sharing Kepenulisan Online Se-Indonesia “Menulis Artikel Di Media Massa” 2017 
Narasumber GES Goes To School “Kajian Dasar Ekonomi Syariah” Di SMK Yapan Indonesia 2018
Narasumber/Pemateri Ekspansi Goes To School Di SMK Yapia Parung “Riba Dan Realita” 2017
Narasumber Majlis Ta’lim Al-Ikhlas “Transaksi Yang Di Perbolehkan” 2017
Narasumber PROPEKA 2017 “Mahasiswa Berprestasi STEI SEBI”
Narasumber Roadshow GES Goes To School “SMK Yapan Indonesia” 

Pewawancara :
Pernahkah Anda Punya Pengalaman Didunia Kerja ?

Narasumber :

Penulis (Media Tabloid Intan’s Writer) 2016-Sekarang
Pengisi Opini Media Massa Lokal/Nasional
ZIS Consultant (LAZ Zakat Sukses Depok) 2015
Administrasi (Koperasi Jasa Keuangan Syariah Berkah Madani) 2016
Pengajar TPA Al-Haq Duren Sari Depok 2015
Guru Perbankan Syariah/Ekonomi Syariah SMKI Alhikmah 2017-Sekarang
Volunteer Akademik Kampus STEI SEBI (Administrasi) 2015-2017
Magang Kerja KJKS Berkah Madani 2016

Pewawancara :
Sebagai Seseorang Yang Suka Menulis , Artikel Apasaja Yang Pernah Diterbitkan ?

Narasumber :

(1) Melawan Skeptisme Di Kampung Buta Huruf, (2) Kecanggihan Teknologi Fasilitasi Sistem Keuangan, (3) Anak Rantau Rindu Ibu, (4) Ekonomi Syariah Wujudkan Kemaslahatan Ummat, (5) Outlook Ekonomi Syariah Dalam Tantangan Global, (6) Bunda, Jangan Berikan Gadget Pada Anak Usia Dini, (7) Peran BMT Dalam UMKM, (8) Berdaya Berkarya Untuk Garut, (9) Mempersiapkan SDM Berkualitas, (10) Diskursus Ekonomi Islam, (11) Optimalisasi Industri Kreatif Dalam Pembangunan Berkelanjutan, (12) Garut Punya Peluang Sebagai Temapat Pariwisata Halal, (13) Menggali Potensi Ekonomi Syariah Di Indonesia, (14) Eksistensi Perbankan Syariah Di Indonesia, (15) Sukuk Salah Satu Investasi Yang Menguntungkan, (16) Penghimupunan Zakat Di Era Digital, (17) Pajak Dalam Kasat Mata Islam, (18) Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan, (19) Memelihara Harta Dalam Islam, (20) Mengapa Saya Harus, Menulis? , (21) Menulis Artikel Di Media Massa, (22) Menulislah, Meski Bukan Ahlinya, (23) Riba Dan Realita, (24) Haruskah, Indonesia Menerima Investasi Asing?, (25) Ekonomi Pada Pemerintahan Umar Bin Khattab, (26) Optimalisasi Dana Desa Dalam Pembangunan Berkelanjutan, (27) Memaknai Hari Kartini, (28) Tentang Riba, (29) Riba Oh Riba, (30) Wakaf Dan Pemberdayaan Ekonomi Ummat, (31) Wakaf Sebagai Salah Satu Instrumen Investasi Riil. Dan Lain Sebagainya.


Pewawancara :
Melihat Artikel Anda Yang Begitu Banyak Yang Sudah Diterbitkan, Apakah Anda Sudah Berhasil Menulis Buku ?

Narasumber :

Alhamdulilah Ada Dua Buku Yang Sudah Saya Rampungkan
1.      Seni  Menikmati Hijrah ( Kumpulan Cerita Pendek Yang Diambil Sebagian Dari Kisah Nyata Penulis.
2.      Berkah Dibalik Muamalah


Pewawancara :
Bagaimana Arti Pentingnya Pendidikan Bagi Anda ?

Narasumber :

Bagi Saya, Sebagai Mahasiswa Yang Saat Ini Sedang Menempuh Dunia Pendidikan Di Jenjang Perguruan Tinggi Swasta Di Depok. Jika Berbicara Pendidikan Memang Sangat Urgent Sekali, Untuk Menambah Keilmuan, Wawasan Dan Pengetahuan Kita. Yang Mana Nanti Nya Akan Dapat Bermanfaat Untuk Orang Banyak Dan Dapat Dimplementasikan Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Selain Itu, Pendidikan Juga Merupakan Suatu Kesatuan Yang Berkenaan Dengan Aspek Sosial, Attitude Dll. Karena Selain Menambah Keilmuan, Kita Juga Belajar Bagaimana Untuk Hidup Bermasyarakat, Dan Etika-Etika Untuk Diaplikasikan Dalam Kehidupan Dan Memberikan Moral Yang Baik.

Pewawancara :
Bagaimana Anda Melihat Dunia Pendidikan Secara Nasioanl , Juga Anda Melihat Kondisi Pendidikan Di Kabupaten Garut Yang Notabene Anda Sebagai Mahasiswi Yang Berasal Dari Garut ?

Narasumber :

Pendidikan Merupakan Salah Satu Faktor Penting Sebuah Kewibaan Sebuah Negara, Dalam Hal Ini Negara Akan Terus Memperbaiki Kualitas Pendidikan Bagi Generasi Bangsa Selanjutnya Yang Akan Memegang Negara Ke Depan. Melihat Kondisi Pendidikan Indonesia Saat Ini, Masih Banyak Yang Harus Di Perbaiki. Bukan Hanya Kualitas, Namun Juga Infrastruktur Yang Ada. Dengan Diterapkannya Kurikulum 13 Saat Ini, Melatih Siswa Untuk Banyak Belajar Dan Mengekplore Diri. Harus Di Apresiasi, Kurikulum 13 Saat Ini Dapat Membawa Pendidikan Lebih Baik Lagi. Namun, Yang Harus Diperhatikan Ialah Di Indonesia Tidak Semua Sekolah Sama, Pemerataan Guru-Guru Yang Masih Minim, Infastruktur Sekolah Yang Harus Diperhatikan Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Dan Mengajar. Khususnya Di Daerah-Daerah Yang Terpencil. Misalnya Di Garut, Saya Masih Menemukan Banyak Sekolah Baik Jenjang SD/SMP/SMA Yang Kurang Asupan Pemerintah. Hal Ini, Harus Diperhatikan Agar Kegiatan Belajar Dan Mengajar Dapat Berjalan Dengan Lancar. Baru-Baru Ini Kita Dihebohkan Dengan Guru Honerer Yang Tidak Ada Perhatian Pemerintah, Ini Menjadi Isu Lama Namun Belum Juga Terselesaikan. Pendapat Saya Pribadi, Sebagai Mahasiswa Harus Sudah Ada Apresiasi Kepada Guru-Guru Honerer Karena Biar Bagaimanapun Mereka Mengajari Kami (Murid) Dengan Sepenuh Hati Dan Mengabdikan Diri Untuk Mendidikan Dan Mengajari Kami. Selain Permasalahan Tersebut, Kondisi Pendidikan Saat Ini Masih Jauh Dari Pendidikan Moral. Karena Moral Suatu Bangsa Akan Menentukan Suatu Negara Ke Depannya. Minimnya Pendidikan Karakter Di Sekolah Sekolah, Sehingga Moral Anak Suatu Bangsa Yang Terjerumus Kedalam Pergaulan Bebas, Melawan Guru, Dan Lain Sebagainya.

Pewawancara :
Visi Misi Anda Di Dunia Pendidikan  ?

Narasumber :

Dalam Dunia Pendidikan, Visi Untuk Pendidikan Kedepannya Dapat Menciptkan Generasi Muda Bangsa Yang Berbakti Kepada Agama, Bangsa Dan Negara. Misi Nya Yaitu Memberikan Pendidikan Karakter Untuk Setiap Jenjang Sekolah.

Pewawancara :
Adakah Pesan-Pesan Buat Para Remaja Generasi Milenial ?

Narasumber :

Pesan Untuk Generasi Muda Yang Saat Ini Sama Sama Berjuang Dalam Pendidikan, Asah Skill/Kemampuan. Setelah Keluar Sekolah, Sudah Saatnya Anak Remaja Memiliki Kemampuan Tersendiri. Baik Dalam Tulis Menulis, Kompetensi Ilmiah, Dan Lainnya. Biasakan Untuk Senantiasa Melihat Dunia Luar, Dengan Cara Banyak Berorganisasi Agar Kita Memiliki Jaringan Dengan Orang Banyak, Untuk Melatih Sosialisasi Kita Baik Kemampuan Berbicara Dalam Umum, Ataupun Sosialisasi Di Masyarakat. Generasi Milenial Saat Ini, Yang Sudah Enak Siap Tersaji Segala Informasi, Tinggal Kita Pandai Bagaimana Manfaatkan Kecanggihan Teknologi Saat Ini. Selektif Dalam Menggunakan, Jangan Sampai Malah Menjerumuskan Kita Dalam Hal-Hal Negative. Selanjutnya, Generasi Muda Merupakan Aset Bangsa Sudah Bukan Saatnya Untuk Berleha-Leha. Saatnya Untuk Terus Menjadi Seorang Pembelajar Dan Bermanfaat Untuk Orang Lain.


Pewawancara :
Baik Terimakasih Atas Waktunya Semoga Hasil Wawancara Ini Serta  Buah Pemikiran Anda Bisa Manjadi Inspirasi Buat Para Pelajar Yang Lain, Semoga Apa Yang Anda Impikan Dan Anda Cita-Citakan Didunia Pendidikan Ini Bisa Terealisasi, Amin

Narasumber :
Terima Kasih