headhead> SMP MUHAMADIYAH Kawali Tingkatkan Skill Pertanian -->

SMP MUHAMADIYAH Kawali Tingkatkan Skill Pertanian

author

suara peradilan news

Share Post


Kegiatan  Ekstrakurikuler SMP MUHAMMDIYAH  Yang Berada Di Jln. Poronggol Raya Kec. Kawali. Kab. Ciamis Berbeda Dengan Sekolah Lain Pada Umumnya, Salah Satunya Mengajarkan Materi  Berikut Praktek Lapangan Tentang Bagaimana Mengelola Dan Memanfaatkan Sumber Daya Hayati Untuk Menghasilkan Bahan Pangan, Bahan Baku Atau Sumber Energi. Hal Semacam Ini  Belum Begitu Melekat Kesadaran Di Kalangan Para Pelajar  Sebagai Kader Penerus Di Masa Yang Akan Datang.  Akan Tetapi Tidak Bagi Pelajar Di  SMP MUHAMMDIYAH  Ini Karena Para Siswa Sudah Diperkenalkan Sejak Dini Dan Dipraktekan Dilapangan .
Menurut Bapak Anwar Muttaqin(34) Sebagai Guru Di Sekolah Tersebut ; Sektor Pertanian Masuk Ke Kegiatan Ekstra Kulikuler Sekolah Sehingga Semua Siswa Harus Terlibat Aktif,  Karena Kegiatan Tersebut Terintegrasi Dengan Seluruh Mata Pelajaran Yang Lainnya Seperti Biologi,  Matematika, Fisika .
Pemanfaatan Lahan Kosong Yang Dimiliki Sekolah Jadi Laboratorium Pertanian Bagi Para Siswa,  Mereka Mempraktekan Dilapangan Teori Yang Diberikan Oleh Guru Pembimbing .
Menurut Bapak Uju Adinta(42) Warga Kec.  Kawali Sebagai Salah Satu  Ahli Di Bidang Pertanian Yang Ikut Membantu Mensukseskan Program Tersebut , Generasi Sekarang Sangat Kurang Ketertarikan Pada Sektor Pertanian Kalaupun Ada Hanyalah Sebatas Teoritis Disekolah.Kegiata Ektrakuriluler Ini Dilakukan Salahsatunya Adalah Untuk Meningkatkan Ketertarikan Pada  Dunia Pertanian , Karena Disini Diajarkan Bagaimana Mengolah Tanah Dengan Baik,Mempersiapkan Lahan,Memepersiapkan Bibit Tanaman, Memelihara Tanaman ,Pemupukan Dan Penanggulangan Hama ,Sampai Dengan Perlakuan Masa Panen Walaupun Hanya Skala Percontohan Saja.



 Lahan Tanah Sekolah Ini Berada Di Dataran Tinggi Sehingga Sangat Cocok Bagi Tanaman Sayur-Sayuran, Namun Di Musim Kemarau Ini Terkendala Dengan Pasokan Air , Dan Untuk Pengairannya Memakai Syistem Hidram,  Atau Pompa Air Tanpa Listrik Sebuah Percobaan Yang Berhasil Yang Dilakukan Oleh Di Bantu Bapak Ende Junaedi(40) Sebagai Tenaga Ahli Dibidangnya.

Melihat Perkembangan Dan Antusias Para Siswa Melakukan Kegiatan Ini,Saat Diwawancara Wartawan Bapak Marsuhud,Spd Selaku Kepala Sekolah Mengatakan Bahwa  Sekolah Pun Akan Terus Mendorong  Dan Memotivasi Menjadikan Siswa  Berbasis Lingkungan,  Pihaknya Ingin Mengubah Paradigma  Lama Dan Menjadikan Praktikum Ini Menjadi Salah Satu Nilai Unggulan Disekolah Nya ,(SP-JABAR)