headhead> Bidang SMP Disdik Kab. Bandung Menyelenggarakan Pembinaan Manajemen Berbasis Sekolah. -->

Bidang SMP Disdik Kab. Bandung Menyelenggarakan Pembinaan Manajemen Berbasis Sekolah.

author

ihsan

Share Post


Garut, 5 Desember 2018. SP Jabar. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung melalui program bidang SMP Seksi kurikulum dan tentis menyelenggarakan kegiatan Pembinaan kelembagaan sekolah dan manajemen sekolah dengan penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS).

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 3-5 Desember 2018 bertempat di Cipanas Garut Jawa Barat. Pada prinsifnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas, integritas, dan loyalitas kepala sekolah SMP  di Kabupaten Bandung.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Dr.H.Juhana., M.MPd. dalam materi pembinaan yang disampaikannya  mengatakan.,"Seorang Kepala Sekolah yang profesional harus mampu menjalankan peran fungsinya sebagai Edukator, manajer, administrator, supervisor, leadher, inovator, dan motivator (EMASLIM)."

Ketika peran dan fungsi tersebut dijalankan maka kepala sekolah akan mampu menjadikan sekolahnya sebagai sekolah tujuan bagi semua komponen pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Pada hari kedua pelaksanaan pembinaan kepala sekolah Sekretaris Dinas Pendidikan  Dr. Marlan Nirsyamsu mengatakan bahwa seorang kepala sekolah (guru) harus mampu menyesuikan dengan proses perubahan teknologi yang begitu cepat (speed) sehingga guru harus lebih mampu menguasai teknologi dibandingkan dengan siswanya.


Kepala Sekolah (guru) juga harus siap menghadapi tantangan tekanan gelombang generasi karena ini merupakan sebuah realita yang akan terjadi dan mesti di hadapi sehingga kualitas kepala sekolah akan mampu terukur mana yang mampu mengikuti irama perubahan jaman dan mana kepala sekolah yang hanya menyandang predikat kepala sekolah saja.

Ia mengatakan bahwa, "Prestasi itu bukan pemerataan tetapi pertumbuhan." Inilah sebuah ungkapan yang mesti diterjemahkan dengan melaksanakan EMASLIM  sebagimana materi yang disampaikan oleh Kadisdik.

Sedangkan untuk memperkuat karakter, fisik dan mental para Kepala Sekolah ditempa dengan kegiatan out door sebagai sarana untuk meningkatkan kerjasama, loyalitas, dan kemauan bekerja keras untuk memecahkan permasalahan yang di hadapi.(azka-bdg)