headhead> PIKUM Jabar, LKP4M Al-Hikmah menyelenggarakan Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Desa -->

PIKUM Jabar, LKP4M Al-Hikmah menyelenggarakan Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Desa

author

ihsan

Share Post


Bandung, 3 Desember - SP Jabar. Lembaga Kesejahteraan Sosial Al-Hikmah menggandeng Pusat Inkubasi Kewirausahaan Masyarakat (PIKUM Jabar) sebagai bagian dari inovasi program dalam pemberdayaan masyarakat Desa baik potensi Sumber Daya Manusia, Alam maupun permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Dalam pemetaan program ini LKS Al-Hikmah senantiasa memberikan aspek manfaat secara nyata kepada masyarakat karena dalam permasalahan  yang komperhensif memerlukan kerjasama penanganan semua staekholder dari hulu hingga ke hilir.

Dalam upaya peningkatan propesionalisme pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai lembaga ekonomi desa yang profesional LKS Al-Hikmah menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Desa pada tanggal 1-2 Desember 2018 Bertempat di Yayasan Amanah Putra kecamatan Dayeuhkolot Kab. Bandung.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa kepala desa, aparat desa, ketua Bumdes dan tokoh masyarakat yang ada di Kab. Bandung, Bandung Barat, Kota Bandung, Garut, Cianjur dan Banten  kami menghadirkan Konsultan Perencanaan dan Pengembangan Desa (PIKUM), dan LKP4M Al-Hikmah Banten.

Konsultan profesional ini memberikan layanan pemetaan potensi, advocasi desa, pendampingan Bumdes sehingga menjadi lembaga ekonomi profesional, Direktur Eksekutif Pikum Iwan Subagja,.SH. Mengatakan, "Pikum merupakan lembaga profesional yang memiliki legal formal dari kesbangpol profinsi Jawa Barat sebagai lembaga konsultan perencanaan dan pembangunan Desa."

Dalam penyusunan perencanaan program desa Pikum akan mendampingi Desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga membantu menciptakan pasar usaha dari unit usaha Bumdes yang ada di Desa.

Sedangkan untuk penanganan Sumber daya Alam dan Sumber Daya Manusia LKS- Hikmah akan menurunkan Relawan-relawannya yang tergabung dalam Lembaga Konsultan Perencanaan dan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat ( LKP4M ).

Para konsultan dan pemandu Tim LKP4M ini adalah alumni Pemandu Lapang 1 (PL 1) dan Pemandu Lapang 2 (PL 2) Program Nasional PHT Bappenas dengan assistensi dari FAO, dan berpengalaman menjadi pemandu selama 9 (sembilan) tahun dari tahun 1989 sampai dengan tahun 1998 pelaksana program nasional PHT di Indonesia menyedot perhatian dan menjadi contoh bagi banyak negara di Asia Tenggara

Metode pelatihannya yang terbilang revolusioner dari kebiasaan pelatihan di dalam  ruangan diubah menjadi lapangan debgan metode daur belajar dari pengalaman (Experience Learning Cycle) yang menitik beratkan banyak praktek  lapangan.

Upaya menghadirkan lembaga Konsultan Profesional ini merupakan cara LKS Al-Hikmah untuk hadir dan agar dapat dirasakan manfaatnya secara khusus oleh masyarakat di desa secara umum dapat membantu negara dalam mengurai Permasalahan Penyandang Kesejahtetaan Sosial (PMKS)

Hal ini mengacu pada DASAR HUKUM
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Penanggulangan Fakir Miskin, Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosal, Peraturan Menteri Sosial Nomor  08 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendataan dan Pengelolaan Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial.

Sehingga dengan merujuk kepada peraturan perundang-undangan tersebut LKS Al-Hikmah termotivasi untuk senantiasa berupaya memberikan arti bagi Negara dan masyarakat sebagai wujud pengabdian pada agama, masyarakat, dan negara. (Azka-Bdg)