headhead> PIKUM JABAR MELAKSANAKAN TOT ADVISOR ENTERPRENEUR -->

PIKUM JABAR MELAKSANAKAN TOT ADVISOR ENTERPRENEUR

author

ihsan

Share Post
Jajaran Direksi PIKUM Jabar

Cianjur, 19 Januari 2019. SP.Jabar. Pusat Inkubasi Kewirausahaan Masyarakat Jawa Barat (PIKUM JABAR) Menyelenggarakan Kegiatan Training Of Trainer Advisor Entrepreneur atau pelatihan Tenaga Pendamping Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dari tanggal 19 s.d.20 Januari 2019 bertempat di Gedung Pusat Latihan Usaha Terpadu (PLUT) Kab. Cianjur.

Direktur Eksekutif PIkum Iwan Subagja., SH., MH mengatakan, "Tahapan Pengembangan Desa ada tiga langkah; Pertama Penguatan Kelembagaan, Kedua Penguatan Kapasitas, ketiga Penguatan Pasar."

Dalam mensikapi langkah tersebut maka desa mesti menerbitkan administrasi penunjang peraturan penyelenggaraan Bumdes, seperti Perdes Bumdes, AD ART Bumdes dan Perdes Kerjasama dengan Pihak ketiga.

Langkah selanjutnya mesti memperkuat personalia pengelola Bumdes dari segi capabilitasnya sehingga akan melahirkan pengelola Bumdes yang profesional selayaknya suatu badan usaha.
Direktur Eksekutif PIKUM

Dalam kesempatan ini PIKUM menghadirkan praktisi Desa langsung yaitu Kepala Desa Sukamanah Kec. Pangalengan Kabupaten Bandung yang mempersentasikan dasar hukum tata kelola desa berdasarkan Undang-undang No.6 tahun 2014 yang mengatur desa
Berdasarkan kewenangan, hak dan kewajiban serta larangan, maka perlu dipahami dan dilaksanakan asas-asas penyelenggaraan pemerintahan desa yang ditegaskan oleh UU No 6 Tahun 2014 pada  Pasal 24  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa berdasarkan asas:
a. kepastian hukum;
b. tertib penyelenggaraan pemerintahan;
c. tertib kepentingan umum;
d. keterbukaan;
e. proporsionalitas;
f. profesionalitas;
g. akuntabilitas;
h. efektivitas dan efisiensi;
i. kearifan lokal;
j. keberagaman; dan
k. partisipatif.

Sedangkan langkah ketiga dari proses pendampingan PIKUM terhadap Bumdes adalah memperkuat pasar atau membangun relasi pemasaran berdasarkan ratio ketersedian sumber bahan baku maupun kafasitas produk yang merupakan unggulan dari Bumdes itu sendiri.

Kegiatan TOT ini pada prinsifnya adalah bagaimana PIKUM bisa melahirkan tenaga Advisor Enterpreaneur yang mampu melakukan pemetaan, penilaian potensi desa dan pelayanan konsultasi peningkatan potensi PADes yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat di desa. (Akmal-Bdg)