headhead> REKAYASA PERTANIAN POHON DUREN BERBUAH SEPANJANG MUSIM -->

REKAYASA PERTANIAN POHON DUREN BERBUAH SEPANJANG MUSIM

author

suara peradilan news

Share Post

@photoistimewa

Banten- Sp-Jabar, Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang pertanian terus diteliti, dicoba dan dikembangkan sehingga hasilnya melebihi dari apa yang selama ini diperoleh yang tentu saja pada akhirnya diharapkan bisa mencapai kesejahteraan bagi masyarakat.

. Seperti juga yang dilakukan oleh salah seorang tim LKP4M LKS Al Hikmah Banten pak Apandi atau yang sering dipanggil dengan nama pa ipan ini, ia tengah mencoba merekayasa tanaman duren milik pa H. Aliyudin, Kepala Desa Mekarmanik Banten agar tanaman durennya bisa berbuah terus tanpa musim.


" kades H. Aliyudin sudah lama sangat berharap desanya kelak bisa menjadi desa wisata agro terutama wisata duren"
Hasrat besar dari pa lurah ini kemudian didukung oleh tim LKP4M yang sudah setahun lebih mondar mandir ke desa mekarmanik untuk membantu pa lurah memberdayakan masyarakatnya.


Dalam kaitan dengan hal itu pada hari kamis tanggal 7  Maret 2019 yang lalu mulailah direalisasikan keinginan pa lurah itu. Dengan dibantu pa ipan tanaman duren pa lurah diberi perlakuan khusus sebagai upaya manusia menjadikan duren berbuah tanpa musim.


 Tahapan proses dari perlakuan itu yakni diawali dengan pemupukan menggunakan pupuk organik, kemudian dilakukan pengeboran pada batang tanaman duren sedalam 30 cm sebanyak  4 lubang bor, setelah itu disuntikkan ZPT kedalam lubang2 itu lalu ditutup dg lilin.

Rencananya beberapa waktu mendatang upaya ini akan dilanjutkan untuk tanaman duren lain milik masyarakat desa mekarmanik,ungkap agus Fari sukarwan (sp-jabar).