headhead> DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANDUNG MENYELENGGARAKAN SELEKSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU BERPRESTASI TINGKAT KABUPATEN. -->

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANDUNG MENYELENGGARAKAN SELEKSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU BERPRESTASI TINGKAT KABUPATEN.

author

ihsan

Share Post
Dok Foto: Tim Reporter SP Jabar
Bandung. 9 April 2019.SP.Jabar. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung menyelenggarakan kegiatan Lomba Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas berprestasi SMP tingkat Kabupaten Bandung di Garden Permata Hotel Bandung dari tanggal 9 s.d.11 April 2019.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Dr. H Juhana., M.M.Pd. dalam kesempatan pembukaan ini Kadisdik Kab.Bandung menyampaikan pesan-pesan khusus bagi para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah bahwa, "setiap guru mesti mengetahui cara berliterasi sehingga mampu membentuk karakter diri dan warga sekolah."

Selain itu beliau mengungkapkan bahwa guru, kepala sekolah, dan pengawas mesti mampu berinteraksi dengan teknologi sehingga apabila terjadi suatu perubahan guru mampu menyesuaikan jangan sampai tertinggal oleh anak didiknya dalam aspek penyerapan perubahan tersebut.  

Dalam kegiatan lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas berprestasi SMP tingkat Kabupaten Bandung ini ada tiga kriteria penilaian di antaranya: 
1. Penilaian Tes Tertulis 
2. Penilaian Portofolio selama 3 tahun
3. Karya tulis Ilmiah (PTK, Best Practice Kepala  Sekolah dan Pengawas)

Dalam Penilaian Karya Ilmiah setiap peserta harus mempersentasikan karya tulisnya baik PTS, maupun Best Practice di depan para tim Penilai yang profesional di bidang pendidikan.

Kegiatan ini di ikuti oleh 16 peserta perwakilan Kepala Sekolah, 15 pengawas sekolah dan 24 orang guru yang masing masing peserta merupakan Juara 1, 2 yang lolos di tingkat gugus. Sementara setiap peserta yang lolos atau juara dalam seleksi ini akan mewakili kabupaten Bandung di tingkat Provinsi Jabar.

"Ada 5 kompetensi yang mesti di miliki oleh Kepala Sekolah, seperti : 1. Kompetensi Manajerial, 2. Kewirausahaan 3. Supervisi, 4. Kepribadian dan 5. Kompetensi Sosial." Ungkap Kadisdik.

Adapun yang menjadi pemenang dalam Lomba Guru berprestasi di antaranya;
1. Susilawati S.Pd.M.Pd. 
2.  Ulafathun Amanah.S.Pd 
3. Dra.Ani Mariyani., M.Pd  
PEMENANG LOMBA GURU BERPRESTSI
Sedangkan untuk Kepala Sekolah berprestasi pemenangnya adalah :
1. Nana Supriatna., S.Pd.
2.  Hendra Muhidin S.Pd M.M.
3.  Kartika Prapti, M.Pd 
4.  Ida juariah, S.Pd. 
5. Erna Apsari Risandi, S.Pd 

Pemenang Lomba Kepsek Berprestasi
Setelah pengumuman pemenang lomba dibacakan maka seluruh rangkaian seleksi guru dan Kepala Sekolah berprestasi tingkat Kab. Bandung tahun 2019 resmi ditutup oleh Ibu Kasie Tentis Disdik Kab. Bandung. (Akmal-SP.Jabar Bandung)