headhead> TBM (Taman baca Masyarakat) Sarang Lebah, Lakukan Terobosan -->

TBM (Taman baca Masyarakat) Sarang Lebah, Lakukan Terobosan

author

suara peradilan news

Share Post
Photo : Sumber TBM sarang Lebah


Garut,SP-Jabar- Diusianya yang masih seumur jagung, Taman Baca Masyarakat Sarang Lebah sudah mampu berkontribusi dalam pembangunan peradaban bangsa. TBM ini beralamat di Jl. Cisela Desa Mekarjaya Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Meski baru berdiri awal tahun 2018, TBM ini sudah menghasilkan karya-karya yang inovatif. Dengan berbagai program TBM yang dikedepankan, mampu mengajak generasi muda untuk berkarya. Salah satunya memanfaatkan bahan limbah menjadi usaha "Home Industry".

"Untuk menumbuhkan minat baca anak-anak, remaja, dan masyarakat bukan hal yang mudah, butuh perjuangan. Hal ini disebabkan media taman baca merupakan sesuatu hal yang baru bagi mereka." Ujar Rahmat ayah dari 3 anak itu.

Peran Sarang Lebah mulai tercium harum di masyarakat berkat 5 program yang dijalankannya. Program tersebut dikemas menjadi terobosan baru yaitu: “ngopi manis” (ngobrol perkara iman & Islam), “Ngeteh manis” (ngelatih maca & nulis), “ngemil” (ngelatih mandiri dan life skill) dan “ngabaso” (ngagalakeun bakti sosial). Semua program ini dibuat untuk mewujudkan kampung “gemar selfie”, gerakan masyarakat senang literasi dan berfikir edukasi.

"Untuk mewujudkan program dan rencana tersebut tentu saja tidak bisa dikerjakan oleh saya sendiri. Oleh karena itu, saya mengajak kepada para remaja untuk menjadi relawan bagi taman baca Sarang Lebah." Lanjut lelaki berusia 36 tahun itu.

Tempat yang dipakai masih menggunakan lantai 2 rumahnya. Ukurannya masih sempit belum layak. Rahmat terus mencoba sounding dengan tokoh ulama dan masyarakat untuk mewakafkan tanahnya supaya bisa membangunkan tempat yang lebih luas dan nyaman.

Ditambah referensi buku-bukunya masih terbatas, membuatnya harus memutarkan otak kembali. Selama ini ayah beranak 3 itu, menyisihkan sebagian rizkinya dari hasil mengajarnya untuk membeli bisa menambah buku-buku dan juga membuat rak buku.

"Semoga saya bersama para relawan tetap istiqamah dan tidak pernah menyerah dalam upaya membantu mencerdaskan generasi bangsa lewat program budaya baca sehingga mereka menjadi generasi yang sukses dan bermanfaat bagi orang lain." Tutup Rahmat mengakhiri wawancara dengan SP-Jabar ." ( Babang / SP-Jabar ).