headhead> LKP4M MELAKUKAN PENDAMPINGAN BUMDes DARI DESA KE DESA DI KECAMATAN BOJONGMANIK LEBAK BANTEN -->

LKP4M MELAKUKAN PENDAMPINGAN BUMDes DARI DESA KE DESA DI KECAMATAN BOJONGMANIK LEBAK BANTEN

author

suara peradilan news

Share Post

Sumber Photo : Tim LKP4M
SP-Jabar, Lebak - LKP4M LKS Al Hikmah Banten, lembaga pendamping teknis yang mendapat   rekomendasi dari Dinas PMD Kabupaten Lebak untuk melakukan pendampingan terhadap BUMDes di Kecamatan Bojongmanik Lebak, telah berkeliling dari desa ke desa melalukan pendampingan awal  selama 8 hari 7 malam mulai tanggal 13 Mei 2019 yang lalu. Jumlah desa yang mendapat pendampingan dari LKP4M ini adalah sebanyak  6 (Enam) desa yaitu desa mekarmanik, bojongmanik, kadurahayu, mekar rahayu, parakan beusi, dan cimayang. Meskipun LKP4M adalah lembaga pendamping teknis akan tetapi ketika di lapangan jenis pendampingan   disesuaikan dengan kebutuhan BUMDes itu sendiri agar bisa segera menjalankan usahanya.


Dalam hal ini LKP4M bukan saja membantu masalah teknis saja tapi juga masalah administrasi seperti pembuatan perdes, ad/art, sk pengurus BUMDes, proposal, RAB sampai permohonan modal penyertaan, perjanjian penyertaan modal antara kepala desa dan direktur BUMDes sampai kepada penilaian kelayakan usaha dan kesiapan pengurus BUMDes. Bentuk pendampingan lain yg dilakukan oleh LKP4M adalah memberikan pelatihan penguatan kelembagaan BUMDes dan pemberian sertifikat sampai terselenggaranya pelantikan pengurus BUMDes oleh Kepala Desa masing-masing, yang menurut  " Kepala Dinas PMD Kabupaten Lebak Dr. Rusito, S.Sos, M.Si pelantikan pengurus BUMDes ini baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Lebak yang difasilitasi oleh LKP4M ".


" Menurut Ketua LKP4M Agus Fari Sukarwan, SP, pelantikan pengurus BUMDes penting dilakukan untuk menumbuhkan semangat, kesungguhan dan rasa percaya diri para pengurus dalam melakukan tugasnya serta agar tertanam rasa tanggung jawab yang tinggi pada setiap diri para pengurus BUMDes.".


Peternakan Domba

Dari ke 6 BUMDes  adalah BUMDes " Bina Sejahtera" kadurahayu yang sudah berjalan. Usaha yang dijalankannya  adalah penggemukan kambing. Bumdes-bumdes yang lain di Kecamatan Bojongmanik juga akan segera melakukan kegiatan usaha dengan jenis yang berbeda, sesuai hasil yang telah ditetapkan bersama berdasarkan potensi desanya. LKP4M akan terus melakukan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas personal dalam bentuk pelatihan-pelatihan lain seperti pelatihan manajemen, pembukuan dll serta membantu akses pemasaran produk terutama pemasaran ke luar wilayah desa. Pendampingan BUMDes oleh LKP4M ini akan berlangsung selama 1(Satu) Tahun dan bisa diperpanjang sepanjang BUMDes2 tersebut masih memerlukan pendampingan dari LKP4M. ( Yusni /Sp-Jabar ).