headhead> UPAYA JITU MENGATASI SAMPAH DENGAN KONSEP PENGELOLAAN SAMPAH SECARA TERPADU (INTEGRATED TRASH MANAGEMENT) -->

UPAYA JITU MENGATASI SAMPAH DENGAN KONSEP PENGELOLAAN SAMPAH SECARA TERPADU (INTEGRATED TRASH MANAGEMENT)

author

suara peradilan news

Share Post
Photo : sumber Team LKP4M 


Lebak, SP- Jabar, Kegiatan Edukasi Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik bagi Pengelola bank Sampah di Kecamatan Serang Kota Serang Banten sudah digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang pada hari Kamis tanggal 02 Mei 2019 bertempat di Rumah Makan Cibiuk Kalapadua Kota Serang.

Kegiatan edukasi yang dihadiri oleh 100 orang peserta terdiri dari para pengelola bank  sampah dan ibu2 PKK ini dibuka oleh Asda 2 mewakili Walikota Serang Drs. H. Moch.Poppy Nopriadi, M.Si diawali dengan laporan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang Yudi Suryadi, S.Sos, M.Si. Dalam laporannya Kadis DLH mengatakan bahwa dalam setiap harinya volume sampah  dibuang di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada di  Kota Serang sebanyak 350 ton. Ini bukan jumlah yang sedikit dan dalam penanganannya memerlukan energi yang luar biasa besar menyangkut SDM dan sumber dananya serta perlu menemukan cara yang jitu dalam upaya mengatasi sampah ini yang dari waktu ke waktu semakin bertambah sejalan dengan bertambahnya penduduk di Kota Serang.



Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa untuk mengimplementasikan cara ini masyarakat di tingkat RT/RW harus diberikan pelatihan terlebih dahulu tentang bagaimana cara memilah sampah organik dan anorganik, pelatihan membuat MOL, pupuk kompos dan budidaya sayuran sehingga masyarakat bisa menjadi terampil dalam melakukan pengelolaan sampah secara terpadu ini dengan harapan natinya masyarakat bisa melaksanakannya secara mandiri dan berkelanjutan. Pelatihan ini memerlukan waktu selama 6 (enam) bulan dan dilaksanakan selama satu pekan satu kali.


Agus Fari Sukarwan, SP, salah seorang narasumber dari Lembaga Konsultan Perencanaan dan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat (LKP4M) LKS Al Hikmah Banten menawarkan sebuah konsep yang jitu dalam mengatasi masalah sampah ini adalah dengan cara Pengelolaan Sampah secara Terpadu atau Konsep PST ( Integrated Trash Management). Yang dimaksud dengan PST adalah suatu cara pengelolaan sampah yang melibatkan partisipasi masyarakat di tingkat RT/RW dengan memadukan  berbagai cara yang diawali dengan pemilahan antara sampah organik dan anorganik di rumah tangga masing-masing yang untuk selanjutnya sampah organik diolah menjadi Mikro Organisme Lokal (MOL) dan pupuk kompos untuk digunakan sebagai pupuk tanaman sayuran yang dibudidayakan oleh masyarakat itu sendiri di tingkat RT/RW sehingga dapat meminimalisir terjadinya pembuangan sampah ke TPS-TPS. Sedangkan sampah anorganik seperti botol, jerigen, kantong plastik dan karung dapat digunakan untuk media tempat penyimpanan MOL, pupuk kompos dan tanaman sayuran.


Konsep yang ditawarkan oleh ketua LKP4M LKS Al Hikmah Banten ini disambut baik oleh para peserta bahkan diantara mereka mengatakan bahwa kegiatan yang digelar oleh DLH kali ini sangat berguna bagi mereka dan konsep yang ditawarkan luar biasa menarik


Para peserta mengharapkan ada tindak lanjut dari kegiatan ini dalam bentuk pelatihan pengelolaan sampah secara terpadu di tingkat RT/RW yang dikoordinir oleh para pengurus bank sampah dan PKK. Dalam kaitan dengan harapan peserta ini, ketua LKP4M menyatakan siap membantu DLH apabila diminta untuk memberikan pelatihan. Semoga Kepala DLH Kota Serang dan jajarannya dapat merealisasikan harapan dari mereka sebagai wujud upaya yang kuat dalam mengatasi masalah sampah di Kota Serang.(Yusni/SP-Jabar).