headhead> Peresmian Utsman Bin Affan Boarding School (SMP SMA Karakter Utsman Bin Affan) -->

Peresmian Utsman Bin Affan Boarding School (SMP SMA Karakter Utsman Bin Affan)

author

ihsan

Share Post
Pimpinan Pondok Pesantren Bersama Tokoh Masyarakat

Bandung, 20 Juni 2019. Pendidikan merupakan pondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perubahan teknologi yang begitu deras, polarisasi kehidupan sosial yang semakin menghawatirkan tentunya memerlukan keluhuran ilmu, kekuatan akhlak dan juga kemampuan menguasai perubahan teknologi pada saatnya nanti.

"Bagi generasi di masa yang akan datang mesti mempersiapkan diri agar mampu bersaing dalam kehidupan masyarakat apalagi di era 4.0 atau era discrupcion semua berbasis teknologi digital maka semua siswa dan siswi SMP dan SMA Charakter Utsman Bin Affan akan disiapkan untuk menjawab kebutuhan tersebut." Ungkap KH.Asep Rahmat., S.Pd.I., STKM. Kepada kontributor SP Jabar.

Sekolah Karakter SMP dan SMA Utsman Bin Affan (UBA) di resmikan pada tanggal 20 Juni 2019 dasaksikan oleh Aparat Pemerintahan setempat, BPD, Babinsa, MUI Desa Pinggirsari juga dihadiri oleh para tokoh masyarakat dan masyarakat yang ada di sekitar sekolah.
Para Pengurus UBA bersama Muspika dan Tokoh Masyarakat

Pembina SMP dan SMA Utsman Bin Affan Supriyatna.,S.Pd  mengungkapkan tentang Kurikum yang akan digunakan di sekolah karakter UBA ini mengkolaborasikan Kurikukum Nasional (Kurnas 2013). Kutikulum Kepesantrenan (Kemenag) dan Kurikukum Karakter (Lokal). Dasar pengembagan kurikulumnya mengacu kepada:
1. Permendikbud Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan,
3. Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses.
3. Permendikbud Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian. 
4.Permendikbud Nomor 68 tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMP-MTs. 
5. Permendikbud Nomor 69 tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA-MA. 
6. Permendikbud Nomor 70 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK. 
7. Permendikbud Nomor 71 tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan,
8. Permendikbud Nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi
9.Peraturan Menag RI No 66 Tahun 2016
Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan  Menag No 90
tahun 2014 tentang penyelenggaraan pendidikan.

SMP dan SMA Utsman Bin Affan berdiri diatas lahan wakaf kurang lebih 500 Tumbak tetletak di Rt 02/08 Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung.

Sebagai media pendidikan yang berbasis pesantren yang akan membentuk pribadi yang berkarakter sholeh sholehah, cerdas berkarakter dan bisa membahagiakan orangtuanya dunia dan akhirat.

Adapun Visi dan Misi SMP-SMA Ustman Bin Affan adalah sebagai berikut;

VISI
Mendidik Generasi Sholih Sholihah yang Cerdas berkarakter/ berakhlak dan Bisa Membahagiakan orang tua Dunia dan Akhirat

MISI
1. Membentuk Nilai Karakter Mulia Melalui Pembiasaan, Keteladanan, Pengkondisian, dan Parenting
2. Membekali Siswa Dalam Hal Budi Pekerti Luhur dan Terpuji (Berakhlakul Karimah)
3. Mengembangkan Potensi Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Sosial, dan Kecerdasan Spiritual yang Ada Pada Diri Siswa
4. Mengembangkan Pembelajaran yang Sesuai dengan Perkembangan Zaman
5. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran
(LIFE SKILL) Sehingga Tumbuh Jiwa Usaha (Entrepreneur) Pada Siswa. 

Sedangkan perwakilan pemerintahan desa dalam hal ini Ketua BPD Desa Pinggirsari Hendri Sujana mengatakan "Pembangunan Pondok Pesantren Utsman Bin Affan sebagai salahsatu kewajiban pemerintah Desa Pinggirsari karena jelas terlihat dari pendidikan yang didasari oleh karakter, akhlakul karimah, mengedepankan etika, tatakrama sopan santun sehingga bisa mengikis tingkat kenakalan remaja yang khususnya di Desa Pinggirsari.
Registrasi Tamu Undangan

Harapan kami kepada Pondok Pesantren Utsman Bin Affan bisa lebih bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pinggirsari untuk mewujudkan generasi penerus Desa Pinggirsari, penerus bangsa dan negara yang membentuk sifat amanah, berkarakter, rasa bertanggung jawab yang bisa di raih oleh Pondok Pesantren Utsman Bin Affan dan segenap pemerintah Desa Pinggirsari siap membantu kegiatan yang di gelar oleh Pondok Pesantren Utsman Bin Affan". (Azka-SP Jabar)