headhead> BPBD dan REBBANA Al-hikmah Jaga Perbatasan Garut - Cianjur -->

BPBD dan REBBANA Al-hikmah Jaga Perbatasan Garut - Cianjur

author

suara peradilan news

Share Post
BPBD dan REBBANA Al-Hikmah  jaga perbatasan Garut - Cianjur .
BPBD dan REBBANA Kab. Garut 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut dan Relawan Bantu Bencana LKS AL-HIKMAH  melakukan pengawasan, pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid 19 dilokasi perbatasan, langkah penting ini dilakukan untuk menjaga masuknya penyebaran virus corona melalui orang dan kendaraan yang masuk ke wilayah Kabupaten Garut dari arah Kabupaten Cianjur. 07/04/2020.

Jembatan Sungai Cilaki Desa Cimahi kecamatan caringin menjadi salah satu tempat antisipasi covid 19 diperbatasan Garut - Cianjur, dimana tim gabungan BPBD Kab. Garut dan relawan Bantu Bencana ( REBBANA)  Lembaga Kesejahteraan Sosial ( LKS)  Al-Hikmah melakukan pemeriksaan terhadap orang - orang yang melintas masuk ke wilayah Kabupaten Garut, serta melakukan pengukuran suhu tubuh.

Tim Gabungan pencegahan masuknya virus corona diperbatasan ini dipimpin langsung oleh Kasi Pencegahan Bencana Daris Hilman  didampingi Ketua Relawan Bantu Bencana ( REBBANA) faizal Noor Zain, serta melibatkan Unsur Pemerintah Kecamatan Caringin dan Puskesmas Kecamatan Caringin. 

" ini ikhtiar kita untuk mencegah masuknya covid 19 dari daerah terpapar (zona merah) ke daerah Kab. Garut, karena itu tim menyasar kendaraan dan pengunjung yang masuk" demikian disampaikan Daris Hilman.

" kegiatan menjaga kesehatan masyarakat Garut ini harus dengan hati hati waspada dan dilakukan secara bergantian supaya stamina petugas tetap terjaga,kita juga sudah mengantisipasi kendaraan yang melewati jalur alternatif supaya tetap bisa terkontrol dan melewati prosedur pencegahan virus corona yang telah ditetapkan" terangnya

Menurutnya, pencegahan diperbatasan ini sangat urgent karena dikhawatirkan ada pengunjung atau warga yang pulang ke Garut terpapar virus baik yang menempel dibadan, atau dibarang bawaan" Oleh karena itu kita harus disterilkan dulu sebelum masuk ke wilayah Garut".

Tindakan tes kesehatan itu sendiri menggunakan protokol teknis standar kesehatan yang sudah ditentukan SOP nya " In Sha Allah akan dilaksanakan selama dua bulan kedepan dengan syistem monitoring bekerjasama dengan REBBANA karena dari data riil ODP di Kabupaten Garut saat ini jumlahnya terus bertambah" pungkasnya.

Penjagaan diperbatasan

"Sebagai wujud kepedulian kita terhadap Alam dan Kemanusiaan, Relawan Bantu Bencana LKS al-hikmah akan terus bersinergi dengan BPBD Kab. Garut melalui cepat tanggap pencegahan penyebaran COVID19 ini". Demikian disampaikan Faizal Noor Zain mengakhiri.
(M Hidayat SP-Jabar)