headhead> Parenting Sebagai Media Silaturahmi -->

Parenting Sebagai Media Silaturahmi

author

ihsan

Share Post
Gambar doc.UBA

Bandung, 24 Oktober 2021. SP.Jabar. Pondok Pesantren Modern Utsman Bin Affan menyelenggarakan kegiatan parenting yang merupakan program kerja Pondok Pesantren. Kegiatan ini di laksanakan setiap 2 bulan sekali, dengan sasaran santri SMP, SMP Utsman Bin Affan, Wali Santri dan guru-guru dan Asatidz.


Parenting merupakan media silaturahmi antara semua pihak yang terlibat dalam pengasuhan santri, wali santri dengan pengelola pondok. Dengan adanya acara ini, sangat membantu para orang tua dalam melepas rindu terhadap anaknya, karena di Ponpea Utsman Bin Affan selama belum waktunya tidak di izinkan untuk berkunjung atau berkomunikasi dangan anak-anaknya kecuali kondisi darurat.



Duta Literasi Nasional Gola A Gong bersama Santri Utsman Bin Affan


Parenting atau mengasuh anak merupakan aktifitas yang di lakukan oleh pengasuh dalam hal ini pondok pesantren Utsman Bin terhadap seluruh santri yang telah dititipkan kepada pihak pondok pesantren.


Dalam kesempatan ini, David Arianto. S.T. Kepala Sekolah SMA Utsman Bin Affan mengungkapkan bahwa:

 "Seluruh santri selain didik dari ranah kognitif baik yang bersifat pengetahuan umum (Kurikulum Nasional, Kurikulum Kepasantrenan) juga dibekali life skils (keterampilan), keterampilan yang di berikan kepada para santri di Ponpes di antaranya: Kimia Industri, Tata Busana, Tata Boga, Pertanian, Berkebun, Bengkel, Fotografi, TIK, dan Tetapi Tibun Nabawi."

Colase Life Skils Berkebun

Dalam kesempatan lain, Pimpinan Pondok Pesantren KH. Asep Rahmat, S.Pd.I mengungkapkan bahwa, "aktifitas kepesantrenan berjalan sebagaimana pesantren lainnya. Para santri senantiasa melaksanakan kegiatan kepesantrenan dari mulai jam 03.00 wib, di awali oleh shalat tahajud, kajian kitab, menghapal Al-Qur'an dan materi kepesantrnan lainnya, sedangkan untuk pembiasaan dalam keaeharian anak anak dibiasakan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris saat berkomunikasi di lingkungan pondok."


Pimpinan Ponpes Utsman Bin Affan 

(KH. Asep Rahmat, Mr. Been, Ust. Ali dan Ust. Jajang)


Utsman Bin Affan merupakan Pondok Pesantren Modern yang baru berdiri 3 tahun dengan misi "Mencetak generasi yang soleh dan solehah." Dari misi tersebut para pengelola pondok memiliki harapan besar agar di masa yang akan datang swluruh santrinya mampu menjadi generasi yang bisa menjaga nilai-nilai amanah dan menjadi pendakwah yang mampu berkarya dalam mengisi kehidupannya di masanya nanti. (Azka. SP Jabar)